Training

GOVERNMENT TRAINING PROGRAM
LATAR BELAKANG
Keberhasilan kepemimpinan daerah memiliki kunci yang wajib dimiliki pimpinan, birokrat, maupun alat pendukungnya. Kunci kesuksesan pemerintahan daerah, untuk mencapai sukses besar harus menggunakan seluruh kunci berikut.

Penguatan keuangan dapat melalui dalam pemerintahan daerah itu sendiri maupun dari luar. Penguatan dari dalam, perlu pemetaan strategis dari item-item pemasukan daerah. Sisi penguatan keuangan ini pula memperlukan inovasi.

Inovasi program adalah kunci, dengan inovasi akan adan percepatan, inovasi program bantuan pemerintah yang optimum akan memperbaiki kinerja di segala bidang, perbaikan kinerja akan menopang sukses daerah.

Mas’ud Said Institute (MSI) adalah lembaga advisori independen  Mas'ud Said Istitute (MSI) adalah lembaga advisiori independen yang bergerak di bidang penguatan tata kelola pemerintahan daerah, penguatan manajemen keuangan daerah, penguatan inovasi daerah serta penguatan kapasitas SDM pemerintahan yang bekerja secara profesional.

Government Training Program ini diadakan khusus untuk memenuhi kepentingan para penyelenggara pemerintahan dan instansi pemerintah, lembaga negara serta lembaga, badan, dewan, dan komisi selain lembaga negara yang ingin menguasai keterampilan dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sektor publik dan keuangan daerah.

TUJUAN
Tujuan dari Government Training Program adalah sebagai berikut:
  1. Mengetahui dan memahami teori, asas, dan kaidah pengembangan manajemen sumberdaya manusia sector public
  2. Mengetahui dan memahami penyusunan program yang inovatif, strategis dan sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat
  3. Meminimalkan risiko manajerial yang akan berimplikasi secara finansial, sosial, dan ekonomi akibat dari perumusan kebijakan yang telah dibangun
  4. Memiliki keterampilan menyusun strategi, metode, dan teknik dalam pengembangan pelayan public baik dari sektor pendapatan maupun belanja.
MANFAAT
Manfaat dari Government Training Program adalah sebagai berikut:
  1. Peserta mengetahui dan memahami teori, asas, dan kaidah pengembangan manajemen sumberdaya manusia sector public
  2. Peserta mengetahui dan memahami penyusunan program yang inovatif, strategis dan sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat
  3. Peserta meminimalkan risiko manajerial yang akan berimplikasi secara finansial, sosial, dan ekonomi akibat dari perumusan kebijakan yang telah dibangun
  4. Peserta memiliki keterampilan menyusun strategi, metode, dan teknik dalam pengembangan pelayan public baik dari sektor pendapatan maupun belanja.
NARASUMBER
Government Training Program diampu oleh narasumber yang ahli dan berpengalaman dalam bidang pemerintahan dan keuangan dengan latar belakang yang beragam dan saling melengkapi, yaitu pejabat publik, mantan pejabat publik, guru besar, dosen, dan praktisi yang relevan.

PESERTA
Government Training Program terbuka untuk umum dan dapat diiikuti oleh siapa saja, dari berbagai latar belakang pendidikan.

KERJA SAMA PENYELENGGARAAN
Government Training Program dapat diselenggarakan dalam bentuk in-house training yang disesuaikan dengan kebutuhan pihak yang ingin mengikuti Diklat ini. MSI membuka peluang kerja sama penyelenggaraan dalam bentuk in-house training dengan pihak lain.

MATERI
Materi yang dibahas dalam Government Training Program bergantung pada tema yang diangkat. 

METODE
Government Training Program menerapkan metode experiental learning, yaitu diselenggarakan secara komunikatif, interaktif, dan partisipatif dengan menekankan aspek teoretis dan praktis serta melibatkan partisipasi aktif peserta.

FASILITAS
Peserta Diklat Legal Drafting Training ini mendapatkan fasilitas berikut:
1. Materi bacaan relevan
2. Training kit (alat tulis, blocknote, dll)
3. Paket meeting (lunch, coffee break)
4. Sertifikat