Consulting


MENGAPA JASA KONSULTASI GOOD GOVERNMENT?
Tata pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance and Clean Governmenf) adalah seluruh aspek yang terkait dengan kontrol dan pengawasan terhadap kekuasaan yang dimiliki Pemerintah dalam menjalankan fungsinya melalui institusi formal dan informal. Untuk melaksanakan prinsip Good Governance and Clean Government, maka Pemerintah harus melaksanakan prinsip-prinsip akuntabilitas dan pengelolaan sumber daya secara efisien, serta mewujudkannya dengan tindakan dan peraturan yang baik dan tidak berpihak (independen), serta menjamin terjadinya interaksi ekonomi dan sosial antara para pihak terkait (stakeholders) secara adil, transparan, profesional, dan akuntabel.

Menimbang hal-hal di atas, Mas’ud Said Institute (MSI) menyediakan Jasa Konsultasi Good Goverment untuk penguatan tata kelola pemerintahan daerah, penguatan manajemen keuangan daerah, penguatan inovasi daerah serta penguatan kapasitas SDM pemerintahan yang bekerja secara professional. 

PROFESIONALITAS LAYANAN
Mas’ud Said Institute (MSI) memiliki tim yang ahli dan berpengalaman dalam bidang tata kelola pemerintah, baik yang berlatar belakang akademisi yang berkiprah pada penelitian dan pengajaran di bidang Ilmu pemerintahan maupun praktisi yang pernah bergerak di Staf Khusus Kementrian Sosial, Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah dan Dewan Riset Daerah. Mas’ud Said Institute (MSI) memberikan Jasa Konsultasi secara profesional dan terpercaya. 

KONSULTASI GOOD GOVERNMENT
Jasa Konsultasi Good Goverment memberikan layanan kepada klien atas masalah dan kepentingan tata kelola pemerintah. Ada dua bentuk layanan jasa Konsultasi Good Goverment, yaitu konsultasi dan bimbingan teknis. Setelah mendiagnosis masalah dan kepentingan klien, kemudian akan diberikan pendapat dan nasihat kepada klien dalam menghadapi masalah tata kelola pemerintah. Jasa Konsultasi Good Goverment juga dapat diberikan dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) kepada klien. Mas’ud Said Institute (MSI) telah berpengalaman menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Government Training Program yang salah satu materinya yaitu berbentuk Bimtek.

FUNGSI KONSULTASI
Mas’ud Said Institute (MSI) memiliki fungsi kegiatan Konsultasi:
  • Fungsi Edukatif atau Pengembangan, yaitu fungsi ini berfokus kepada masalah: 1) membantu penguatan tata kelola pemerintah, 2) membantu penguatan manajemen keuangan daerah, 3) memberikan rekomendasi Inovasi daerah dalam meningkatkan pendapatan daearah, 4) mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah daerah. 
  • Fungsi Preventif atau Pencegahan, yaitu fungsi ini membantu daerah agar dapat berupaya aktif untuk melakukan pencegahan sebelum mengalami masalah-masalah daerah karena kurangnya perhatian. Upaya preventif meliputi pengembangan strategi-strategi dan program-program yang dapat digunakan untuk mencoba mengantisipasi dan mengelakkan resiko-resiko  yang tidak perlu terjadi.

RUANG LINGKUP KONSULTASI
  • Pemimpin Visioner, Pemerintahan kuat jika didukung kepemimpinan visioner, bekerja cepat dan cermat,
  • Reformasi Birokrasi, Birokrasi yang berdaya guna berkontribusi pada citra pemerintahan dan masyarakat
  • Keuangan Kuat, Kemampuan keuangan akan memberi keleluasaan mengejar visi, misi dan program utama
  • Anggaran Tepat, Anggaran yang tepat sangat menentukan produktivitas dan efektivitas pemerintahan
  • Inovasi Daerah, Inovasi daerah adalah kunci karena menentukan percepatan program dan perbaikan kinerja
  • Kebutuhan Rakyat, Pemenuhan Kebutuhan dasar rakyat adalah salah satu wujud tata kelola yang baik