”Ring 1” Kepala Daerah Wajib Digembleng

MALANG- Kesuksesan kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan bergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah bagaimana kemampuan orang-orang di sekitar sang kepala daerah itu menjadi navigator. Karena orang-orang ”ring 1” ini banyak berkomunikasi langsung, bertukar pikiran dengan kepala daerah. Sehingga peran ring 1 ini begitu strategis.

Karena begitu urgennya pelatihan untuk para pendamping kepala daerah itu, lembaga konsultan pemerintah independen: Mas’ud Said Institute  menggelar program One Day Online Training pada 22 Februari. Dan pemateri dalam program ini tentu bukan sembarangan. Yakni Prof. M. Mas’ud Said MM selaku dewan pakar Pemprov Jatim dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Ada tiga tema besar dalam program spesial ini. Pertama, Penguatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Masa Pandemi. Kedua, Pendampingan Transisi Bagi Kepala Daerah Terpilih. Dan ketiga, Kursus Reformasi Birokrasi dan Pembentukan Super Team Kepala Daerah.

”Karena kondisi masih belum memungkinkan, pelatihan ini kami gelar secara virtual dulu,” terang Abdul Muntholib, Direktur Mas’ud Said Institute. 

Ini tentu bukan program sesaat. Karena setelah One Day Online Training ini, nantinya semua peserta juga harus mengikuti tahap berikutnya yang dilakukan secara tatap muka. Hanya secara bergelombang yang telah diatur tim MSI. (msi)