MUI dan Industri Halal di indonesia, Mas’ud Said Mengulas Peluang Industri Halal di Jawa Timur.

Mas'ud Said Institute - Indonesia yang mempunyai potensi besar terhadap perkembangan  industri halal, dan di Jawa Timur sendiri pemerintah provinsi ingin memperkuat basis halal dengan mengharap kerjasama dengan MUI Jatim  agar menjadi lokomotif produsen halal food, di mana peningkatan industri halal diperkirakan akan mendorong pertumbuhan keuangan Syari'ah Nasional. 

Jurnal 9 akhir pekan edisi 20 Februari 2021 membahas tentang MUI dan Industri Halal di Indonesia dengan 2 (dua) narasumber yaitu Prof. Dr. H. M. Mas’ud Said, MM., Ph.D, Ketua Dewan Pimpinan MUI Jawa Timur dan  Ali Mukafa, CEO Regional Bank Syariah Indonesia.

Mas’ud Said yang merupakan salah satu Ketua MUI Jawa Timur mengemukakan bahwa peluang industri produk halal di Jawa Timur sangat prospektif. Mas'ud Said berpendapat bahwa dalam 5 (lima) tahun terakhir ada kecendrungan halalisasi atau labeling halal yang masif, baik di Asia, Eropa dan terutama di Indonesia.  Sejatinya, Halal sudah menjadi life-style.


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memprakarsai Halal Industrial Park di Sidoarjo. Program ini mememberikan bagi peluang UMKM memiliki kantor dalam area industrial yang sangat kondusif dengan proses industri secara terintegrasi

Saat Pandemi ekonomi Indonesia terkonstraksi cukup dalam pada tahun 2020, namun ada perkembangan menarik dalam waktu yang sama industri halal meningkat 19,2 persen.

Salain itu narasumber yang lain yakni Ali Mukafa, CEO Regional Bank Syariah Indonesia turut menguatkan bisnis halal dan syariah yang ada di Jawa Timur. (MSI/AL)