Mas'ud Said Institute Siapkan One Day Training Untuk Mendongkrak Pendapatan Asli Daerah di Masa Pandemi Covid-19

Mas'ud Said Institute (MSI) kembali hadir untuk membantu para kepala daerah. MSI akan berbagi tips mendongkrak PAD (pendapatan asli daerah) bagi tim kepala daerah terpilih di Pilkada Desember 2020 lalu.

Mengapa perlu mendongkrak PAD? Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sudah jamak, jika kondisi keuangan semua daerah di Indonesia, bahkan dunia sedang drop. Hampir semua daerah sedang mencari cara bagaimana pendapatan asli daerah (PAD) bangkit lagi. 

Nah, untuk membantu daerah mencari terobosan menggenjot PAD, lembaga konsultan pemerintahan Mas’ud Said Institute menggelar program One Day Training Online dengan tema "Skema Cerdas Penguatan Keuangan Daerah" yang terbagi dalam 3 (tiga) seri :

  1. Kursus Reformasi Birokrasi dan Pembentukan Super Team Kepala Daerah (22-Feb-2021)
  2. Penguatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah di Masa Pandemi (22-Mar-2021)
  3. Kursus Pendampingan Transisi Bagi Kepala Daerah Terpilih (19-Apr-2021)

Masing-masing seri dimulai pukul 09.00 sampai dengan selesai. Adapun link pendaftaran dapat diakses di https://bit.ly/FormIHT-MSI.


Sejumlah expert yang membidangi ini rencananya akan menjadi pembicara. Selain Prof. M Mas'ud Said, juga ada Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), Dhedhy Styawan (tenaga ahli DPR RI) serta sejumlah pakar lainnya.

Target dari program ini adalah merangsang ide-ide kreatif mencari terobosan baru guna berupa tips mendongkrak PAD. ”Karena semua harus optimistis, masih ada jalan jika mau berusaha. Dan lewat program One Day Training Online inilah, kami yakin jalan itu akan ditunjukkan,” tandas Abdul Muntholib, direktur Mas'ud Said Institute.