Mas'ud Said Institute Jaring Kerjasama dengan AKAPI

 Mas'ud Said Institute (MSI) menjaring kerjasama dengan Asosiasi Kebijakan Publik Indonesia (AKAPI). Pertemuan inisiasi ini diadakan di Jl. Ngrimbi No. 34 Malang, selaku kantor MSI pada pukul 11:00 WIB hingga 13:00. 

Pembina dan Direktur MSI bersama para tamu dari AKAPI

Pertemuan yang dihadiri oleh 11 orang tersebut berjalan dengan komunikatif. Tujuh orang diantaranya ialah anggota AKAPI, empat orang dari Mas'ud Said Institute. Turut hadir pula Prof. Mas'ud Said sekaligus Pembina Mas'ud Said Institute.

Masing-masing lembaga memberikan penjelasan tentang profilnya. Profil tentang Mas'ud Said Institute disampaikan oleh Direktur, Abdul Muntholib, SE dan profil AKAPI disampaikan oleh Dr. Praptining Sukowati, SH., M.Si.

Saling Memperkenalkan Diri

Abdul Muntholib meceritakan pengalaman yang dilalui Mas'ud Said Institute, diantaranya pengalaman dalam bidang pendampingan (consulting), pelatihan (training) dan survey. Pengalaman pendampingan diantanya kepada Pemkab Pamekasan, Pemkab Probolinggo dan Pemkab Malang.

Pengalaman training, MSI telah mengadakan training selama dua kali. Pertama, diselenggarakan di Surabaya dengan peserta ASN Pemkab Bangkalan. Kedua, diselenggarakan di Malang dengan peserta dari Pemkab Madiun dan Pemkab Tuban.

Pengalaman survey, Redaktur Radar Malang ini juga meceritakan pengalaman dalam bidang survei. Misalnya MSI memiliki pengalaman dalam survei potensi pajak restoran.

Direktur MSI menjelaskan profil 

Dr. Praptining Sukowati, S.H., M.Si menjelaskan terbentuknya AKAPI yang berjejaring nasional. AKAPI memiliki para ahli dalam bidang kebijakan publik yang menyangkut berbagai persoalan masyarakat.

Dosen Ilmu Administrasi Universitas Merdeka Malang ini menjelaskan bahwa AKAPI sementara bergerak pada penguatan dan inovasi di bidang kebijakan publik. Beberapa di antaranya adalah pelatihan untuk mendorong dan menguatkan UMKM agar bersertifikasi.

Baca pula Tim MSI Dorong Realokasi dan Refocusing Keuangan Daerah

Lebih jauh, AKAPI mendorong pebisnis lokal untuk mampu melakukan ekspor produk ke luar negeri. Agenda IKAPI juga ingin mendata para pebisnis yang sudah berani bertarung di pasar ekspor-impor, sehingga bisa dilakukan channelling antara UMKM dan eksportir.

Kerjasama Strategis 

MSI dan AKAPI sepakat adanya joint program antara keduanya. Prof. Mas'ud Said, MM., Ph.D selaku Pembina MSI menyatakan nanti bentuk kerjasama bisa diatur secara baik oleh keduanya.

AKAPI yang memiliki jaringan nasional tentu memiliki peluang program yang bisa dikerjakan dengan MSI. Begitu juga MSI yang telah menangani beberapa daerah menjadi tim ahli teknis sendiri yang nanti diperlukan AKAPI. (AL/SQ/MSI)