MSI Dampingi Kabupaten Malang untuk Peningkatan PAD

Masudsaidinstitute.org Kamis Pagi (19/09/2019) Masud Said Institute (MSI)  bersama dengan Research Center for Conflict and Public Policy (RCPP) dan mendampingi kabupaten Malang dalam program peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan awal rapat koordinasi terbuka dengan luruh staff Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kab Malang setelah pertemuan-pertemuan kecil antara MSI, RCPP dan Bapenda Kab Malang

Peserta pertemuan antara MSI, RCPP dan Bapenda Kabupaten Malang di kantor Bapenda yang terletak di dpan Mall Gadjah Mada Kota Malang

Purnadi selaku Kepala Bapenda menyatakan bahwa target peningkatan Pendapatan asli daerah kab malang dinaikkan menjadi 1 Trilyun yang akan ditempuh dalam kurun waktu 2 tahun, selain itu purnadi menyampaikan bagaimana formulasi yang tepat untuk mencapai target tersebut. Beliau juga menyampaikan bahwa PAK 2019 kabupaten malang sudah didok, artinya segera melakukan MoU antara kedua belah pihak.

Beberapa catatan penting selama diskusi berlangsung diantaranya, yang pertama, adanya peraturan baru bahwa air permukaan dimiliki oleh pemerintah provinsi,sehingga pajak ke pemda sudah tidak berlaku lagi, kedua perlunya Perbaikan data, karena data yg sudah diberikan kurang. Data–data PBB dan BPHTP belum diberikan. Pembaruan data setelah penetapan PAK Kabupaten Malang. Tarif pajak Hotel sudah maksimal. Point penting yang disampaikan.

Direktur MSI, Abdul Mutntholib, SE menyatakan kesanggupan untuk segera melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak. Target awal bulan Oktober sudah dilakukan Mou itu sekaligus pemaparan kebijakan strategis yang bisa dilakukan kepada pemerintah daerah khusunya kepada semua OPD terutama OPD penghasil.
Paparan Direktur MSI yang menyampaikan program strategis untuk peningkatan PAD Kab. Malang.