Empat Kunci Sukses Pelaksanaan Pemerintah Daerah

Keberhasilan kepala daerah memiliki kunci yang wajib dimiliki pimpinan, birokrat, maupun alat pendukungnya. Inilah 4 kunci kesuksesan pemerintahan daerah, untuk mencapai sukses besar harus menggunakan seluruh kunci berikut.

#1 Kepemimpinan Yang Visioner dan Birokrasi yang Berubah Maju; 

Bahwa suatu pemerintahan dikatakan sukses dan unggul apabila kepemimpinannya dicintai rakyat karena dia visioner, bekerja cepat dan cermat serta birokrasinya berdaya guna sehingga berkontribusi pada citra pemerintahan dan masyarakat. Ini harus didukung oleh tim inti yang canggih, birokrasi tak segan menggunakan IT dan data.

#2 Keuangan yang Kuat dan Penggunaan Anggaran yang Baik; 


Kemampuan keuangan, baik sumber pusat maupun daerah akan memberi keleluasaan kepala daerah dan DPRD untuk mengejar visi, misi dan program utama. Kekuatan keuangan daerah ini sangat menentukan disamping produktifitas dan efektifitas penggunaannya. Kemampuan keuangan bisa diusahakan dengan berbagai cara.

#3 Inovasi Daerah dan Kerjasama Program Termasuk dengan Pemerintah Pusat; 


Inovasi program adalah kunci, dengan inovasi akan adan percepatan, inovasi program bantuan pemerintah yang optimum akan memperbaiki kinerja di segala bidang, perbaikan kinerja akan menopang sukses daerah dan kesejahteraan rakyat.

#4 Program Kerja Strategis dan Kebutuhan Dasar Masyarakat; 

Disinilah butuh ketepatan penjabaran dalam program utama sekaligus mengurangi residu penanganan cepat bagi mereka yang tak beruntung di seluruh desa dan kecamatan.
Terlama